Senin, 06 Desember 2010

Untuk (sebagian) Mahasiswa Indonesia

yaaaa!
hari ini, Selasa 7 Desember 2010, telah masuk dalam tahun baru Islam.
kalo orang jawa bilang "Tanggal Siji Suro"
biasanya orang Jawa merayakannyan dengan berbagai hal.

semisal di Solo ada kirab "Kebo Bule"
di Jogja ada tradisi "Mubeng Beteng"
dan daerah tempat saya tinggal tidak mau kalah.
bapak-bapak bikin acara kecil-kecilan untuk memperingati hari ini.
acaranya adalah membunyikan gamelan hingga pagi.

hal ini sebenarnya belum pernah diadakan,
menurut saya, inisiatif tersebut muncul karena adanya gonjang-ganjing isu Keistimewaan Jogja
mungkin benar, mungkin salah
tapi saya cukup meyakini hal tersebut.
mungkin mereka ingin berteriak pada orang-orang usil disana
"HEIII, JOGJA ISTIMEWA!!!"

tapi yang saya sangat kagum dan salut,
ungkapan tersebut disampaikan dengan sangat arif dan bijak.
mereka tidak berdemo
mereka tidak membakar ban bekas
mereka juga tidak anarkis

saya jadi berpikir kalo mungkin Mahasiswa Indonesia harus belajar dari mereka
Mahasiswa Indonesia harus mencontoh mereka
dan Mahasiswa Indonesia harus tertunduk dan meletakan kesombongannya

selama ini, mahasiswa berdemo layaknya bukan mahasiswa
selama ini, mahasiswa "koar-koar" menyalurkan aspirasi rakyat
tapi rakyat yang mana????
buktinya masyarakat tidak berprilaku seperti itu
yaa memang tidak semua mahasiwa
tapi jika semua mahasiswa Indonesia kembali pada kearifan lokal
saya yakin, kelak negeri ini akan lebih baik.
Amin.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar